Gempa 6,5 SR di Kumamoto Jepang, 3 Orang Tewas dan 19 Rumah Runtuh

11.53 0 Comments A+ a-

Gempa 6,5 SR di Kumamoto Jepang, 3 Orang Tewas dan 19 Rumah Runtuh



Gempa 6,5 SR di Kumamoto Jepang, 3 Orang Tewas dan 19 Rumah Runtuh


TOKO4D.COM Prefektur Kumamoto, Pulau Kyushu, Jepang, dilanda gempa 6,5 Skala Richter (SR). Dampak gempa tersebut 3 orang tewas dan 19 rumah runtuh. 

Berdasarkan informasi dari kantor TOKO4D.COM Kamis (14/4/2016), gempa yang berlokasi 11 kilometer dari Prefektur Kumamoto tersebut memicu kebakaran yang meninggalkan tiga orang tewas. Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengumumkan telah menambahkan 350 personel militer dan dikirim ke lokasi untuk menilai kerusakan yang terjadi. 

meskipun tak ada konfirmasi resmi, kemungkinan masih ada orang yang terperangkan dalam reruntuhan. Layanan kereta api peluru pun dihentikan sementara. 

Beberapa jam kemudian, berdasarkan informasi Japan Meteorological Agency gempa terjadi lagi dengan kekuatan 6,4 SR. Lokasi gempa di tempat yang sama pada Jumat (15/2) selepas tengah malam waktu setempat

Dua reaktor nuklir yang berada di Kyushu diberitakan masih berfungsi normal pasca gempa pertama terjadi. 

"Kita melakukan yang terbaik untuk menangani bencana dengan memprioritaskan untuk menyelamatkan para korban," ujar Suga. 

"Saya meminta orang-orang di area gempa untuk tetap tenang dan saling menolong satu sama lain," tuturnya. 

TOKO4D.COM  juga melaporkan beberapa bangunan di Kota Mashiki di Prefektur Kumamoto runtuh dan kemungkinan orang-orang masih terperangkap di bawahnya. 

Jiji Press juga mengabarkan pengoperasian shinkansen dihentikan sementara. Bahkan dikatakan ada satu shinkansen tergelincir yang melalui lokasi gempa, namun kala itu sedang tak mengangkut penumpang.