Kejutan dari Cerobong Asap, Surat untuk Santa Berusia Seabad

13.38 0 Comments A+ a-

Kejutan dari Cerobon Asap, Surat untuk Santa Berusia 100 Tahun (New York Times)Kejutan dari Cerobon Asap, Surat untuk Santa Berusia 100 Tahun (New York Times)
POKERMIMPI - Minggu lalu, Peter Mattaliano, seorang pelatih drama dan penulis meletakkan dekorasi natal di apartemennya di New York. Lalu, ia meletakkan hadiah untuk anak-anak bernama Mary dan Alfred.

Mereka bukan anak-anak Mattaliano dan mereka tidak lagi hidup. Namun, seabad lalu, keduanya tinggal di tempat sekarang Mattaliano tinggali.

Pria berusia 66 tahun itu menghormati Mary dan Alfred tiap Desember selama 15 tahun terakhir. Ia mengetahui keberadaan mereka setelah merenovasi cerobong asapnya. Kisah mereka tersegel selama 60 tahun.

"Kami bercanda barangkali menemukan uang Al Capone. Namun, tak berapa lama saudaraku berteriak, 'Kamu tidak bakal percaya kalau melihat ini,'" kenang Mattaliano.
"Saudara laki-lakiku yang mengerjakan konstruksi dan aku meminta ia membuka cerobong asap," kata Mattaliano kepada New York Times, Selasa (22/12/2015).

Di antara debu dan runtuhan batu bata, saudara laki-laki Mattaliano menemukan kertas tua yang menguning dengan coretan khas anak-anak. Isinya adalah surat permintaan kepada Sinterklas yang ditulis satu abad lalu!

"Aku ingin drum, alat pancing, dan tangga," tulis surat itu. "Kkalau mobil-mobilan pemadam kebakaran punya tangga yang indah."

Surat itu bertanggal 1905 dan ditandatangani nama 'Alfred McGann' termasuk alamat gedung tempat ia tinggal.

Ada sesuatu yang mengejutkan di antara tumpukan batu bata: sebuah amplop kecil yang ditujukan kepada Santa di 'Raindeerland'. Di dalamnya ada surat lain yang kali ini bertanggal 1907 atas nama Mary, dengan gambar prangko rusa kutub di atas kanannya.

"Surat-surat itu ditulis di ruangan ini. Dan selama 100 tahun, mereka berada di sini, menunggu," ujar Mattaliano.